Senin, 26 Desember 2011

Peluncuran Radeon HD 7000 Series

Posted by YOGA On 21.48 No comments

 
Mulai minggu depan, AMD akan mengatur Hari di beberapa tempat di seluruh dunia, seperti London atau Paris - di mana perusahaan akan menghadirkan pabrikasi 28nm dari Radeon HD seri 7000.

Ada banyak rumor beterbaran web, beberapa di antaranya Radeon HD 7000 series akan mencampur VLIW4 dan VLIW5 arsitektur yang ada dengan "Core Graphics Next" (GCN), diperkenalkan selama KTT Pembangunan Fusion Juni yang diselenggarakan di Bellevue, WA.

Ketika datang ke bagian-bagian terpisah, bagian dengan codename Cape Verde (HD 7500, 7600, dan 7700) dan Pitcairn (HD 7800), mereka semua didasarkan pada arsitektur VLIW4. The "Core Graphics Berikutnya" arsitektur dicadangkan hanya untuk Seri 7900. Bagian Desktop CODEC pada Southern Islands, sementara bagian-bagian mobile CODEC setelah bagian dari London (baca: Cape Verde menjadi Lombok, Pitcairn menjadi Thames dll).

Jika Anda membandingkan VLIW4 HD berbasis 6900 dan seri HD 7800 mendatang, tidak ada banyak perbedaan antara keduanya. Menurut sumber kami, HD 7800 "Pitcairn" adalah 28nm dari HD 6900 populer "Cayman" GPU dengan penyesuaian kinerja kecil. Hal ini akan membawa kekuatan komputasi cukup dan kami berharap banyak mengungguli untuk NVIDIA dalam hal ini.

Virtual Memory benar-benar fungsional datang ke GPU dengan AMD Radeon HD 7900 Series

Arsitektur GCN baru membawa berbagai inovasi untuk arsitektur GPU, dari yang kita lihat memori virtual x86 mungkin salah satu yang paling penting. Sementara produsen GPU telah berjanji memori virtual fungsional untuk yg baru, ini adalah pertama kalinya kita melihat implementasi bekerja. Ini bukan gimmick pemasaran, IOMMU adalah fitur GPU berfungsi penuh, mendukung failur page, lebih dari mengalokasikan dan bahkan menerima 64-bit x86 memori pointer untuk kompatibilitas 100% dengan 64-bit CPU. Virtual memory ini akan menjadi bagian besar dari next-gen Fusion APUS (2013) dan GPGPU FireStream kartu (2012), dan kita hanya bisa memuji upaya yang dilakukan dalam membuat ini mungkin.

Semua ini diperlukan untuk memperluas controller GPU oleh dua garis tambahan untuk grand total 384-bit, identik dengan GeForce GTX 580, misalnya. Namun, AMD timing jauh lebih agresif dari NVIDIA konservatif, sehingga diharapkan clock memori tetap lebih tinggi dengan AMD GPU.


Sebuah rumor baru-baru ini meledak bahwa HD 7900 Series akan datang dengan memori Rambus XDR2. Mengingat fakta bahwa AMD memiliki tim pengembangan memori dan perusahaan menjadi kekuatan pendorong di balik penciptaan GDDR3, GDDR4 dan GDDR5 standar memori - kami yakin rumor itu.

Ingatlah bahwa akan Rambus adalah bukan keputusan yang mudah, karena banyak insinyur di AMD keluar flat menolak untuk bahkan mempertimbangkan ide untuk menggunakan produk Rambus karena perilaku sadar hukum perusahaan. Namun, sumber-sumber kami mengatakan kepada kita bahwa AMD adalah frustrasi bahwa industri DRAM tidak dibuat baik pada investasi yang sangat besar pada bagian AMD, menciptakan dua standar memori GDDR5: Single Berakhir (SE GDDR5) dan Diferensial GDDR5. Dengan demikian, perusahaan yang diterapkan tekanan untuk industri memori GDDR5 dalam menjembatani dan standar memori masa depan dengan XDR2 memori. Bagian produksi Tahiti akan memanfaatkan memori GDDR5, meskipun.

 
 
Adalah AMD akan terus berinvestasi dalam standar memori masa depan? Kami akan mengatakan ya, tetapi dengan semua perubahan yang telah terjadi, itu hanya mungkin mengambil rute eksekutif untuk memanfaatkan teknologi pasar yang tersedia daripada menghabiskan waktu dan uang pada iterasi masa depan memori GDDR. Setelah semua, AMD baru-baru reshuffle memori desain mereka satuan tugas. Dalam kasus apapun, Diferensial GDDR5 datang pada angka bandwidth yang sangat menarik dan angka-angka adalah sesuatu AMD ingin memanfaatkan "sesegera mungkin".

 
Fusion Sistem Arsitektur atau Bagaimana Kepulauan Selatan Membuka Jalan untuk AMD

 
Ticking kotak off sebagai GPU menjadi lebih Hitung-seperti: AMD ingin membuat visi ini selesai pada tahun 2014
 
AMD mendorong maju dengan Arsitektur Sistem Fusion mereka (FSA) dan tujuan arsitektur yang akan mengambil beberapa waktu untuk melaksanakan - kita tidak akan melihat implementasi penuh sebelum 2014. Namun, Selatan Kepulauan membawa beberapa fitur kunci yang AMD kekurangan bila dibandingkan dengan NVIDIA Fermi dan arsitektur Kepler mendatang.

GPU sendiri diganti dengan array yang SIMD-MIMD mampu Hitunglah Unit (CU), yang membawa dukungan untuk C + + dengan cara yang sama NVIDIA lakukan dengan Fermi, tetapi AMD melampaui kemampuan Fermi dengan IOMMU tersebut. Ada juga hubungan antara manajemen daya untuk CPU dan GPU, yang harus mengurangi konsumsi daya (saat ini, tindakan tunggal yang membuat GPU akan bangun CPU, bahkan jika itu sesuatu yang sederhana seperti refresh layar).

AMD Hitung Unit: Sepenuhnya didesain ulang menghitung fitur inti didedikasikan L1 dan L2 memori, serta L1 bersama untuk fungsionalitas MIMD

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, sebuah blok CU tunggal terdiri dari sebuah skalar tunggal dan 64 unit vektor yang diberi makan melalui beberapa lapisan cache. Secara keseluruhan, Unit Hitung datang dengan 16KB L1 Data cache dan memori 64KB LDS (yaitu memori awal), dengan tambahan 48KB dibagi antara empat blok CU. Setiap CU terhubung ke L2 cache 64KB berdedikasi.

Rakasa cache: Sepenuhnya dikonfigurasi Tahiti GPU akan datang dengan memori internal 5MB.
 
Dengan kemasan Tahiti 32 Hitung Jumlah dalam konfigurasi maksimum, 32 CU GPU core dengan 2048 fitur yang hampir 5MB on-die memori: L1 cache 512KB data, 384KB L1 cache Bersama, 768KB dari OSZA dan 768KB L2 Cache. Ini adalah jumlah rekor cache untuk GPU sejauh ini, dan Anda dapat berharap tren ini untuk melanjutkan.

Core Graphics Next: MIMD Benar
AMD mengadopsi pendekatan menghitung cerdas. Inti grafis Selanjutnya adalah arsitektur yang benar MIMD (Multiple-Instruksi, Data Berganda). Dengan desain baru, perusahaan memilih untuk "lemak dan kaya" core pengolahan yang menempati ruang mati lebih, tetapi dapat menangani lebih banyak data. AMD mengutip loading CU dengan aliran perintah beberapa, bukan beban GPU konvensional: "api milyar instruksi, tunggu sampai mereka semua lengkap". Hitung unit tunggal dapat menangani 64 FMAD (Fused Multiply Tambah) atau 40 gelombang SMT (Simultaneous Multi-Thread). Bertanya-tanya berapa banyak instruksi yang dapat MIMD GCN ambil? Empat benang. Empat benang MIMD atau 64 SIMD instruksi, panggilan Anda. Seperti Eric menjelaskan, Selatan Kepulauan adalah "arsitektur MIMD dengan array SIMD".

Konvensional, perangkat keras fungsi tetap di dalam arsitektur Kepulauan Selatan

Unit-unit menghitung dipasangkan dengan hardware fungsi konvensional tetap. AMD mencoba rute tidak tetap fungsi hardware dengan R600 pada tahun 2007 (Radeon HD 2000 series) dan setelah percobaan itu, perusahaan tidak melihat nilai dalam perangkat keras menghindari fungsi tetap. Jadi, Southern Islands akan terus memiliki hingga 32 Raster Ops tetap (ROP), Z unit, hingga 128 Unit Memori Tekstur, dll FSAA logika

Tahiti menjadi HD 7950 dan 7970, Selandia Baru menjadi HD 7990
Sekarang bahwa kita benar diperkenalkan dengan inti GPU, waktunya telah datang untuk lebih memperhatikan lineup sendiri. Mengingat bahwa bus memori diperpanjang menjadi 384-bit, yaitu sama seperti GeForce, GTX 580 3GB GDDR5 yang digunakan di seluruh papan, dan kami tidak akan mengecualikan 1.5GB atau bahkan 896MB "7930" bagian datang sebagai jumlah sebagian GPU fungsional meningkat.

 
AMD terus mengingatkan bahwa Radeon HD 7970 adalah berdasarkan sepenuhnya dikonfigurasi "XT Tahiti" GPU, 2048 core (32 Hitunglah Unit) beroperasi pada jam 1GHz. 3GB memori GDDR5 beroperasi di Quad Data Rate modus yaitu 1.37GHz ODR ("5.5GHz yang efektif"). Ini hasil dengan bandwidth memori merekam video untuk GPU tunggal - 264GB / s.

HD7950 ini didasarkan pada "Tahiti Pro" dan paket 30 Hitunglah Unit untuk tahun 1920 beroperasi pada 900MHz core. Jumlah ROPs menurun menjadi 28, sementara unit Tekstur alami dikurangi menjadi 120 (karena setiap CU terhubung ke 2 dan 4 TMUs ROPs). Sumber kami tidak mengungkapkan jika kontroler memori 384-bit masih atau 256-bit satu, tetapi clock memori menurun menjadi 1.25GHz, yaitu clock yang sama sebagai model gen sebelumnya. Harus tinggal 384-bit controller, jam harus baik untuk 240GB / s bandwidth.

Kedua produk ini diharapkan akan dirilis pada CES 2012 di Las Vegas, NV, menempati braket harga $ 349-449. Mereka gigabyte memori tambahan (dan core pengolahan) pasti akan menghabiskan banyak $ $ $.

Sejauh dual-GPU "Selandia Baru", 6GB GDDR5 diperkirakan akan clock pada tingkat yang sama seperti HD6990/7970, yang berarti Anda akan mendapatkan kinerja penuh keluar dari bagian dual-GPU.

Tidak seperti HD7950 dan HD7970, Radeon HD 7990 akan debut Maret 2012 dan harga target adalah sama dengan harga asli dari pendahulunya - $ 699.

dan pasti akan bersaing dengan Nvidia 700 series

0 komentar:

Posting Komentar